5 Motif Lantai Parket
Dekorasi

5 Motif Lantai Parket yang Bikin Rumahmu Semakin Nyaman Ditinggali

Pernah mendengar tentang lantai Parket? Bisa jadi sebagian orang masih merasa asing, ya mendengarnya. Lantai ini memiliki motif khas seperti kayu. Tapi tidak hanya motifnya saja, lantai ini memang berbahan dasar kayu. Tapi jangan salah dibayangkan jika lantai ini seperti papan kayu biasa, ya. Lantai ini sudah diproses dengan cara-cara tertentu sehingga dapat bertahan lama dan lebih awet dari serangan rayap, tergantung pada jenisnya. Banyak orang memilih jenis lantai ini sebagai salah satu elemen interior rumahnya. Hal ini dikarenakan lantai kayu memberi kesan yang natural dan dapat membuat ruangan jadi lebih terasa hangat serta nyaman untuk ditinggali.

Inspirasi Motif Lantai Parket

Sebagai alas pijak di dalam rumah, lantai Parket mempunyai beberapa motif yang keren dan elegan. Jika disesuaikan dengan kondisi dan interior ruangannya akan menciptakan kombinasi yang tepat untuk menciptakan kesan “wah”. Nah, sebelum mulai memilih, yuk simak dulu apa saja motif-motifnya!

1. Motif Lurus

5 Motif Lantai Parket

Dari namanya saja sudah terdengar sederhana sekali, bukan? Sesuai namanya, lantai kayu ini memiliki corak atau pola yang lurus-lurus saja. Tiap papannya dipasang sejajar mengarah padah satu sisi ruangan. Terlihat sederhana, namun banyak orang yang memilih motif ini karena dapat membuat ruangan yang sempit terlihat jadi lebih luas. Selain itu, tampilannya juga memberikan kesan elegan bagi ruangan. Pemasangan lantai kayu bermotif lurus jauh lebih mudah dibanding motif lainnya dan biayanya juga lebih murah.

2. Motif Mozaik

5 Motif Lantai Parket

Lantai kayu bermotif mozaik cocok untuk ruangan dengan ukuran yang luas. Lantai motif ini memang indah dan cantik untuk dipandang, oleh karena itu pengaplikasiannya kurang cocok untuk kamar tidur ataupun ruangan yang sempit dan dikelilingi banyak perabotan. Lantai parket bermotif mozaik ini sendiri punya banyak macam-macam pola yang bisa kamu pilih sesuai dengan selera.

3. Motif Acak

5 Motif Lantai Parket

Sesuai dengan namanya, lantai kayu ini tidak bercorak konsisten. Motif ini banyak mengombinasikan corak gelap dan terang. Tidak ada aturan khusus mengenai polanya. Kamu hanya akan dihadapkan pada tampilan yang unik. Kamu tidak akan bosan memandanginya. Sangat cocok diaplikasikan di berbagai ruangan. Tampilannya yang artistik akan membuat kamu berpikir seolah sedang berada di pondok kayu di tengah hutan.

4. Motif Herringbone

5 Motif Lantai Parket

Kamu pernah melihat motif ini? Percaya tidak percaya, motif Herringbone sering kita temui di jalan, lo! Mungkin sebagian orang tidak asing melihatnya. Banyak orang yang menggunakannya untuk motif jalan setapak seperti yang ada di taman-taman dan pedestrian. Sama juga dengan pengaplikasiannya pada lantai Parket, motifnya sama sekali tidak berbeda. Namun perlu diperhatikan bahwa motif ini tidak cocok digunakan di ruangan-ruangan sempit seperti kamar tidur. Ini dikarenakan coraknya cenderung memberikan kesan sempit pada ruangan.

5. Motif Chevron

5 Motif Lantai Parket

Sekilas tidak jauh berbeda dengan motif Herringbone, bukan? Memang, motif Chevron ini mirip sekali dengan yang sebelumnya, tapi ada pembedanya. Pada motif Herringbone, kamu bisa lihat balok panjangnya memiliki tepian yang lurus. Berbeda dengan motif Chevron yang tepian baloknya dipotong miring, sehingga tepian balok tersebut sesuai dengan balok disampingnya. Selain itu, lantai kayu bermotif ini juga dapat divariasikan dengan menambahkan balok panjang berbentuk lurus di bagian tengahnya agar mirip seperti pohon.

Nah, itulah 5 inspirasi motif lantai kayu yang bisa kamu pilih. Pada dasarnya, lantai Parket terdiri dari 3 macam dan itu semua memiliki jumlah komposisi kayu yang berbeda-beda. Awet tidaknya lantai ini tergantung pada jenis Parket yang dipilih dan bagaimana kamu merawatnya. Tapi kalau sudah membahas tentang estetika ruangan dan kenyamanan penghuninya, motifnyalah yang akan berbicara. Jadi dari semua itu, mana yang kamu suka?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *