Pengerjaan Epoxy Lantai
Konstruksi

Berikut Ini Proses dan Tahap Pengerjaan Epoxy Lantai yang Berkualitas

Jasa epoxy lantai profesional merupakan sebuah layanan pengecatan lantai yang berbahan beton dengan memakai cat lantai mengkilat berkualitas terpercaya. Epoxy ini mempunyai harga terjangkau dan juga bergaransi. Epoxy ini yang dikerjakan ini meliputi pengadaan material, pemasangan, dan juga penyediaan alat kerja. Bagi yang belum tau cat epoxy ini sendiri sebenarnya merupakan cat khusus yang berupa campuran beberapa bahan, yaitu resin plus hardener yang gunanya sebagai lapisan tipis pelindung bagi lantai.

Cat epoxy ini biasanya diaplikasikan untuk lantai beton sehingga menciptakan ketahanan terhadap tanah, air, dan berbagai bahan serta zat kimia lain. Selain memuat lantai tahan air, penerapan epoxy ini juga akan menciptakan warna mengkilap pada lantai. Lantai yang diberi epoxy ini akan terlihat lebih indah, bersih, dan elegan (sedap dipandang mata). Contoh epoxy lantai yang bisa kita lihat adalah di mall, studio foto, ruang pameran, rumah sakit, serta studio televisi. Adapun tahapan epoxy ini meliputi:

Membersihkan Permukaan Lantai

Sebelum melakukan proses pemakaian epoxy, siapkan permukaan lantai yang akan kamu balur dengan epoxy. Selanjutnya, bersihkan lantai dengan cara menyapu dan mengepel. Kamu bisa pula membersihkannya dengan menggunakan alat vakum industri (penyedot debu) yang bisa membersihkan partikel serta debu kecil. Jika tidak dibersihkan, epoxy yang akan kamu lakukan tidak akan berjalan dengan baik, karena masih ada residu serta debu yang menempel di lantai.

Proses Grinding

Tahap yang pertama setelah membersihkan lantai adalah grinding. Di tahap ini, akan dilakukan pengupasan cat yang lama. Pengupasan ini bertujuan agar cat baru meresap dengan sempurna. Perlu diketahui dalam hal ini, tak disarankan grinding dengan menggunakan Hcl karena lantai beton bisa cepat rapuh disebabkan oleh korosi yang dihasilkan oleh zat asam dalam kandungan Hcl.

Proses Priming and Filling

 

Proses Priming and Filling

Selanjutnya, balur lantai menggunakan epoxy primer yang sesuai. Nah, jangan gampang percaya dengan perkataan yang mengatakan bahwa priming tak diperlukan. Proses priming ini bisa membuat zat adhesi bekerja lebih baik. Selain itu, priming juga bisa membantu mengurangi produk yang akan digunakan proses selanjutnya. Dalam proses priming ini, pastikan kalau area itu memiliki ventilasi. Primer ini bisa ditumpuk menjadi dua tumpukan. Untuk menyatukan dua primer tersebut, kamu bisa memakai mixer listrik sehingga dua komponen bisa tercampur dengan baik.

Proses Body Coat

 

Proses Body Coat

Setelah priming, langkah selanjutnya adalah Body coat atau pendempulan. Pada proses pengerjaan epoxy lantai ini, ada dua komponen, yaitu polymed dan epoxy. Tambah akan sempurna kalau diberi tambahan silica sand atau talk yang fungsinya untuk menutup lubang kecil serta keretakan dinding atau lantai beton.

Setelah proses body coat selesai, lantai akan diratakan dengan menggunakan spek rool bergigi. Setelahnya barulah proses finishing. Lantai ini dilapisi dengan Top Coat, gunanya untuk menebalkan epoxy sehingga sesuai yang diinginkan oleh pemiliknya. Pemasangan top coat ini menggunakan semprot, roller, serta kuas. Waktu yang dihabiskan untuk finishing adalah sekitar 8 hingga 16 jam.

Nah, itulah tahap yang harus dilalui dalam pengerjaan lantai epoxy agar hasil yang didapat bersih serta indah. Namun, pengerjaan ini harus melibatkan orang yang ahli di bidangnya atau penyedia jasa epoxy lantai. Sehingga yang didapat pada akhirnya adalah lantai yang mengkilat, bersih, serta indah. Semoga tahap dan tips di atas membantu ya, selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *