Cara Pemasangan Epoxy Lantai
Material

Cara Pemasangan Epoxy Lantai yang Tepat

Epoxy pada lantai sudah biasa dilakukan pada berbagai jenis lantai bangunan seperti rumah sakit, pusat perbelanjaan, dan lainnya. Tujuan dilakukan hal ini adalah untuk mendapatkan lantai yang mulus dan menarik. Jika kamu berencana untuk melakukan hal ini, maka ada beberapa langkah yang perlu dicermati agar pemasangannya tepat.

Tahap-Tahap Mengaplikasikan Cat Epoxy

  1. Siapkan Permukaan Lantai

Langkah pertama sebelum dilakukan pengecatan adalah memastikan bahwa permukaan lantai telah siap untuk diaplikasikan cat. Jika belum, maka siapkan terlebih dahulu permukaan lantai yang dimaksud agar pengaplikasian cat sesuai dengan prosedur yang seharusnya. Langkah ini biasanya memerlukan prosedur khusus yang diberi nama persiapan substract.  Dalam hal ini ada beberapa metode yang bisa dilakukan, salah satunya adalah teknik pengamplasan agar lantai halus dan bersih dari bahan kimia.

  1. Membersihkan Lantai

Tahap selanjutnya adalah membuat lantai yang akan dicat menjadi bersih dan terbebas dari yang segala jenis debu dan kotor. Tujuannya yaitu agar adhesi menjadi kuat ketika dilakukan pengecatan primer. Mengapa bisa kuat? Karena ketika dibersihkan, berbagai partikel debu pada lantai bisa berkurang, sehingga menangkis kemungkinan adanya partikel yang terperangkap dalam adhesi dan coating. Bahkan keuntungannya, pemakaian primer bisa lebih hemat jika debu dan kotoran pada lantai menjadi sedikit atau bahkan hilang.

  1. Lapisi Lantai dengan Primer dan Filling

Banyak kasus yang salah dalam melakukan prosedur pengecatan, hingga menimbulkan gelembung dan gas pada hasilnya. Maka dari itu, melapisi lantai dengan cat primer santalah penting dan diperlukan dalam prosedurnya. Dengan lapisan primer, lantai akan memiliki daya tahan yang kuat dan tahan lama.

Selain itu, pelapisan primer juga dapat mengurangi jumlah cat yang dibutuhkan ketika pengecatan lantai, sehingga kamu bisa lebih hemat dan tentunya kebutuhan cat yang harus dipoles akan tercukupi.

pengecatan lantai

  1. Pengaplikasian Cat Epoxy (Lapisan Pertama)

Pengaplikasian ini sebenarnya terdiri dari beberapa tahap, dari awal hingga akhir atau finishing. Dan untuk lapisan yang pertama, kamu harus mencampurkan antara kedua bahan atau komponen cat, yaitu hardener dengan resin. Keduanya harus diaduk agar menyatu, yaitu biasanya menggunakan mixer listrik sebagai pengaduk. Cukup tunggu proses ini selama dua menit saja, maka bahan yang sudah tercampur bisa langsung dipoleskan. Dan yang penting untuk diperhatikan dalam langkah ini adalah pencampuran komposisi yang pas, sehingga hasilnya maksimal.

  1. Oleskan Cat dengan Roller

Pelapisan yang kedua ini selanjutnya dilakukan dengan menggunakan alat khusus dalam pengecatan, yaitu roller. Penggunaan alat ini dimaksudkan agar hasil polesan lebih rapi karena sebagai penutup bagian dalam atau lapisan pertamanya.

Jika setelah lapisan pertama dilakukan tiba-tiba muncul masalah pada lantai seperti retakan atau lubang, maka segera tambal terlebih dahulu sebelum ke tahap selanjutnya. Selain itu, hal lain yang harus diperhatikan di sini adalah alatnya, pastikan roller yang dipilih berkualitas dan pas untuk lantai.

  1. Pelapisan Akhir

Inilah langkah akhir dari proses pengecatan epoxy. Lapisan ketiga ini dapat dilakukan jika sudah dipastikan bahwa lantai mulus, tidak ada retakan, dan sudah siap diberikan finishing. Jika segala prosedur dilakukan dengan tepat, maka tekstur atau permukaan lantai bisa sangat mulus.

Dengan mengetahui langkah di atas, maka kamu tidak perlu bingung lagi bagaimana cara pengaplikasiannya. Jangan ragu pula untuk melakukan hal ini, karena sekarang harga epoxy yang dijual di pasaran sangat ramah di kantong juga dengan kualitas yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *