Cegah Rangka Atap Lapuk
Konstruksi

Cegah Rangka Atap Lapuk Dengan Tips Ini

Atap menjadi peranan penting melindungi penghuni rumah di dalam rumah dan menjaga berbagai furniture agar tidak terpapar matahari maupun hujan. Maka atap harus kokoh sehingga tidak tidak bocor dan merusak furniture, atap yang kokoh membuat penghuni rumah nyaman daan tidak khawatir atap mengalami kerusakan walau musim panca roba.

Sejatinya, rangka atap lebih cepat lapuk ketika tidak dirawat. Apalagi saat atap bocor, rangka atap akan kropos dan lapuk karena kebanyakan rangka atap terbuat dari kayu sehingga mudah lapuk. Untuk itu rangka atap harus dirawat agar keseluruhan interior rumah kokoh sehingga tidak mengurangi keindahan rumah, tujuannya agar penghuni rumah dan tamu nyaman berada dalam rumah.

Mencegah Rangka Atap Lapuk

Merenovasi rangka atap membutuhkan biaya cukup mahal dan pengerjaan yang agak lama. Bahkan tidak semua orang mmepunyai waktu renovasi rangka atap karena bentrok dengan pekerjaan, untuk itu mencegah rangka atap lapuk menjadi solusi tepat. Selain minim biaya, rangka atap akan kokoh walaupun sudah bertahun-tahun, untuk itu dibawah ini ada tips mencegah rangka atap lapuk yang dapat dicoba, antara lain:

1. Memakai Dak Beton

Kini, banyak orang beralih menggunakan dak beton sebagai rangka atap karena memiliki ketahanan yang sangat kuat dan tahan sampai bertahun-tahun. Selain tidak membutuhkan renovasi, dak beton membuat suasana ruangan sejuk walaupun udara di luar panas. Namun pemasangannya perlu diperhatikan agar keberadaannya memuaskan pemilik rumah, sebaiknya menggunakan waterproofing dak beton agar permukaannya mulus dan rata karena waterproofing termasuk material yang digemari banyak orang.

2. Adanya Sirkulasi di Bawah Atap

Mengingat penggunaan kayu sebagai rangka atap masih banyak peminatnya, memberikan sirkulasi udara di bawah atap termasuk cara efektif mencegah rangka atap lapuk. Adanya sirkulasi udara membuat rangka atap tidak lembab karena udara maupun sedikit sinar matahari dapat memasuki rangka atap sehingga rangka tidak lembab. umumnya, kekokohan kayu berkaitan dengan udara yang menyertainya, semakin banyak udara yang masuk maka kayu yang digunakan sebagai rangka atap tidak akan lapuk.

3. Mengecek Rangka Atap Secara Berkala

Kebanyakan orang malas mengecek rangka atap karena berbagai alasan dan kesibukan. Padahal rangka atap harus dicek paling tidak satu bulan sekali agar kondisi rangka atap diketahui, apalagi rangka atap menjadi sarang laba-laba yang lama-kelamaan membuat rangka tersebut lapuk dan kropos. Maka saat sarang laba-laba menghiasi rangka atap wajib dibersihkan, sementara ketika kerusakan rangka atap cukup parah harus menggunakan waterproofing membrane yang memiliki daya rekat tinggi. Selain itu harga waterproofing membrane terjangkau dan memiliki kualiatas yang bagus.

4. Menebang Ranting Pohon di Sekitar Atap

Keberadaan pohon di sekitar rumah memang banyak manfaatnya seperti mengurangi polusi dan membuat suasana sekitar rumah sejuk. Namun tinggi pohon beserta ukuran ranting harus diperhatikan agar tidak menimbulkan masalah seperti membuat genting bocor dan lain-lain. Usahakan menebang ranting pohon yang menjangkau atap agar tidak merusak genting, pasalnya saat atap rumah bocor akibat ranting pohon membuat air hujan membasahi rangka atap sehingga rangka akan lapuk.

Mencegah rangka atap lapuk menjadi kewajiban karena menyangkut ketentraman keluarga sehingga aktifitas keluarga lancar. Yang terpenting adalah saling menjaga keseluruhan bangunan rumah agar rumah tetap kokoh walaupun ditempati bertahun-tahun, untuk itu ke 4 tips diatas dapat dijadikan acuan mencegah rangka atap lapuk. Tatkala rangka atap terjaga, maka keseluruhan bangunan akan terjaga karena kerjasama keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *