Jenis-jenis Pompa Air
Mekanikal & Elektrikal

Jenis-jenis Pompa Air yang Sesuai Kebutuhanmu

Zaman dahulu, orang-orang mencari air bersih di sungai atau mencoba menggali sumber mata air dan menjadikannya sumur. Menimba air pun menjadi keharusan yang tak bisa dihindarkan demi memenuhi kebutuhan air bersih. Namun, perkembangan teknologi dari masa ke masa membuat banyak orang menggunakan pompa air yang lebih mudah dan praktis digunakan. Selain daripada menghemat energi, pompa air juga memudahkan manusia untuk mendapatkan air bersih hanya dengan sekali sentuhan.

5 Jenis Pompa air untuk Kebutuhan Sehari Hari 

Dalam prakteknya, pompa air berfungsi untuk menyerap dan mendorong air melalui pipa sehingga dapat dikeluarkan melaui keran. Cara kerjanya adalah dengan menyerap air dan mentransfernya ke ruangan yang disebut outlet. Ketika seluruh ruangan sudah terisi air, maka terjadilah tekanan yang menarik sumber air menuju lokasi tujuan/saluran air rumah kita. Pompa air masa kini dimodifikasi menjadi berbagai macam jenis untuk menyesuaikan kebutuhan manusia. Berikut beberapa jenis pompa air yang biasa digunakan masyarakat.

1. Pompa air Sumur Dangkal

Jenis-jenis Pompa Air

Sesuai namanya, pompa air jenis ini hanya dapat digunakan untuk kedalaman sumur sampai 9 meter saja karena daya hisap pompa ini hanya untuk penggunaan ringan. Harga pompa air  sumur dangkal bervariasi, mulai dari Rp 200.000 – Rp 500.000 tergantung merk yang ditawarkan pula.

2. Pompa air Sumur Dalam

Jenis-jenis Pompa Air

Karena disebut pompa air sumur dalam, maka daya hisap pompa ini bisa mencapai lebih dari 9 meter. Pompa jenis ini dibagi 2 model lagi, yakni semi jet pump dan jet pump. Semi jet pump memiliki kemampuan daya hisap mencapai 20 meter karena memiliki tabung yang menambah kemampuan daya hisap. Sementara seri jet pump tidak memiliki tabung sehingga berdaya hisap maksimal 11 meter. Untuk harga pompa jenis ini mencapai 5 juta rupiah tergantung dari merk yang dibeli.

3. Pompa air Diesel

Jenis-jenis Pompa Air

Penggunaan pompa air jenis ini sangat jarang sekali digunakan untuk keperluan rumah tangga. Karena memiliki daya yang lebih besar untuk menyedot air lebih banyak, pompa ini lebih sering digunakan untuk sistem pengairan sawah atau keperluan perkebunan. Bahan bakarnya pun menggunakan solar atau bensin. Karena tidak menggunakan listrik, biasanya pompa jenis ini dijadikan cadangan untuk keperluan rumah tangga yang mendesak, seperti mati lampu. Maka tak salah jika harga pompa diesel lebih mahal dibandingkan lainnya. Harganya mencapai 7 juta.

4. Pompa air Celup

Jenis-jenis Pompa Air

Pompa jenis inilah yang sering kita temui dalam aquarium ikan. Pompa ini bekerja dengan cara dicelup dan dapat memancarkan air berkedalaman sekitar 5 meter. Banyak sekali jenis pompa celup yang dijual di pasaran, namun daya hisapnya rata – rata sama. Harga pompa air celup dibandrol dari ratusan hingga dua juta rupiah

5. Pompa air Booster

Jenis-jenis Pompa Air

Pompa jenis terakhir ini tidak bekerja untuk menghisap air menuju saluran tujuan, melainkan hanya sebagai penunjang atau penguat debit air yang dirasa kurang maksimal, misalnya pada penggunaan tandon air yang posisinya tinggi atau pada penggunaan water heater. Pompa ini bekerja menggunakan daya dorong dan biasanya dipasang di tengah instalasi pipa air. Penawaran harga pompa ini mulai dari Rp 100.000 – Rp 1.000.000.

Itulah 5 pompa air beserta kegunaan dan harga pasarannya sesuai dengan jenis dan merknya. Setelah mengetahui kegunaan tersebut tentu kamu tidak akan bingung lagi untuk memasang pompa air di rumahmu.

 

Dapatkan harga pompa air terbaik hanya di temtera.com!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *