Kendala Penggunaan Glassboard
Dekorasi

Kendala Penggunaan Glassboard yang Perlu Anda Ketahui

Berbicara mengenai dunia pendidikan, seperti sekolah, tidak sah rasanya bila tidak menyinggung tentang kelengkapan sarana dan prasarana sekolah. Mulai dari seragam, meja dan kursi yang terbuat dari papan solid, dan papan tulisnya. Pentingnya keberadaan papan tulis sebagai media penyampai materi dari pengajar kepada siswa. Peran penting media tersebut berguna agar materi tersampaikan dengan baik.

Whiteboard dan blackboard

Dahulu, papan tulis berasal dari papan padat berwarna hitam (blackboard) dengan alat tulis berupa kapur. Sayangnya, penggunaan blackboard tergolong tidak ramah lingkungan. Bagaimana tidak? Ketika menghapus papan tulis, serbuk kapur akan beterbangan kemana-mana dan terhirup oleh orang sekitar. Untuk whiteboard sendiri, papan tulis ini berasal dari plastik mika dengan spidol sebagai alat tulisnya. Namun, lagi-lagi penggunaan whiteboard rentan rusak karena material papannya yang sangat tipis. Selain itu, tulisan di papan masih tetap membekas meski telah dihapus berkali-kali.

Perkembangan jaman yang semakin modern membuat orang-orang mulai meninggalkan media tulis tersebut. Kekurangan-kekurangan mengenai papan tulis konvensional seperti yang dijelaskan di atas  mendorong inovasi terus berkembang dari waktu ke waktu dalam hal meningkatkan kualitas media penyampai materi dari guru ke siswa tersebut. Inovasi yang dimaksud adalah glassboard.

Glassboard secara singkat

Glassboard atau papan tulis kaca merupakan papan tulis modern yang terbuat dari kaca dengan fungsi yang sama seperti papan tulis lain pada umumnya. Kacanya berjenis temperred yang proses pembuatannya melalui pemanasan pada suhu sekitaran 700 derajat celcius dan menghasilkan kaca yang tebal dan kuat. Orang mulai beralih ke papan kaca ini karena penggunaan whiteboard maupun blackboard sudah mulai tidak relevan. Selain itu pembersihannya yang tergolong rumit dan menyusahkan.

Jangka waktu penggunaan yang begitu awet, tahan lama dan tidak mudah rusak menjadikan orang lebih tertarik menggunakan papan tulis kaca modern tersebut. Proses belajar mengajar pun menjadi lebih efektif dari sebelumnya. Bila dua papan tulis pendahulunya meninggalkan jejak atau bekas tulisan, maka papan tulis kaca aman dari itu. Begitu pun dengan cara pembersihannya yang tidak rumit. Cukup dengan mengoleskan pembersih kaca khusus di permukaannya untuk mendapatkan tampilan baru seperti semula.

Bukan hanya itu, Anda tidak perlu takut jika papan tulis tersebut keropos termakan rayap. Sejauh ini, rayap belum pernah mencicipi kaca. Penggunaannya pun tidak terbatas untuk sekolah saja, namun di kantor-kantor keberadaannya sangat berguna untuk keperluan meeting. Sifatnya yang eco friendly atau ramah lingkungan menjadikannya favorit masyarakat. Mengapa disebut produk eco friendly? Itu karena produk papan tulis kaca dapat didaur ulang untuk digunakan kembali sehingga tidak mencemari lingkungan.

Kendala penggunaan glassboard

Sayangnya, di luar semua keunggulan yang diuraikan di atas, kendala yang dihadapi untuk dapat memiliki jenis papan tulis modern ini bermasalah di harga. Harga jual glassboard tergolong lebih mahal dibanding dua papan tulis konvensional sebelumnya. Namun harga yang ditawarkan tentu saja sebanding dengan kualitas dan kegunaannya.  Selain itu, proses pemasangan yang salah bisa menyebabkan kejadian fatal. Untuk menghindari hal tersebut, beberapa orang memilih menggunakan jasa pemasangan papan kaca tempered jenis ini. Tidak heran jika harga jual dari glassboard lebih bengkak dari dua papan tulis pendahulunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *