tembok retak
Dekorasi

Musim Hujan Melanda? Jangan Cemas, Wallpaper Kesayanganmu Tetap Aman Dengan Ini!

Salah satu masalah yang paling sering dihadapi pada rumah berdinding tembok adalah tembok retak dan lembab. Bahkan sepertinya mengatasi tembok retak lebih mudah dibanding mengatasi tembok yang lembab. Terlebih jika kamu ingin memasang wallpaper pada dinding rumah, namun tipe rumahmu berdinding lembab dan takut berjamur.

 

Nah yang demikian itu kamu tidak perlu khawatir, karena zaman sekarang sudah banyak beredar di toko wallpaper dinding tipe waterproof lho! Bahkan wallpaper jenis ini bisa diaplikasikan di kamar mandi kamu.

Solusi Jitu Memperbaiki Wallpaper yang Terkena KebocoranAtap dan Banjir

Memasang wallpaper kedap air atau waterproof dari toko wallpaper kenamaan adalah salah satu cara mengantisipasi kerusakan akibat terkena air, bahan-bahan tersebut dipercaya tidak akan membuat wallpaper menjadi lembab. Bahkan ideal untuk dipasang di kamar mandi atau toilet rumah karena kualitas dan sifat bahannya dapat dicuci.

Wallpaper yang dimaksud terdiri dari bahan vinyl, wallpaper self adhesive, dan fiberglass wallpaper. Wallpaper jenis ini banyak dijual di toko wallpaper baik online maupun offline dengan harga yang terjangkau. Jenis bahan vinyl adalah yang paling memiliki banyak keunggulan seperti tahan lembap, tahan perubahan suhu, tahan noda dan minyak dan lain-lain.

Namun bagaimana bila kita tidak memiliki persiapan sedari awal menggunakan wallpaper jenis tersebut? Terlebih jika bahannya terbuat dari kertas dan mudah rapuh. Nah di sini akan kita bahas solusi dari wallpaper yang terlanjur rusak akibat terkena air ya sobat.

  • Jika terkena rembesan air dari atap.

Wallpaper rusak dan berjamur akibat terkena dampat kebocoran atap merupakan hal yang menjengkelkan bukan? Kita kerap kali berupaya untuk memperbaiki atap-atap yang bocor namun siapa yang bisa memprediksi terjadinya kendala-kendala tersebut? Nah tetapi sobat tenang saja, jika memang terlanjur basah dan berlumut, maka menanganinya adalah dengan cara dilepas dan diganti dengan yang baru di tempat yang rusak dan berjamur saja.

  • Ganti bahan wallpaper dengan bahan kedap air.

Nah ini balik lagi ke atas, setelah membersihkan wallpaper yang rusak, ada baiknya kamu langsung mengganti wallpaper baru dengan yang anti air saja, eits! Tidak perlu seluruh ruangan kok, cukup di tempat-tempat yang sekiranya lembab saja. Untuk perkiraan harga-harganya kamu bisa langsung cek di toko wallpaper dinding terdekat dari tempat tinggalmu.

Lain halnya jika dinding yang terkena rembesan air disebabkan oleh air tanah yang naik ke atas melalui pori-pori dinding, kamu bisa memperbaikinya dengan mengikis terlebih dahulu lapisan aci dan plesteran yang menutupi dinding. Setelah itu, aplikasikan bahan plesteran yang sudah ditambah dengan bahan waterproof. Lalu di lapisan terluar kamu dapat mengaplikasikan cat waterproof terlebih dahulu sebelum melapisinya dengan wallpaper yang bersifat waterproof pula untuk memberikan perlindungan yang lebih maksimal.

  • Pasang partisi dinding tambahan.

Apabila dinding sudah parah dan tidak bisa diperbaiki lagi. Kamu disarankan memasang partisi tambahan di depan dinding utama. Partisi bayangan ini terbuat dari gypsum ataupun tripleks. Mulailah dengan memasang kerangka terlebih dahulu di depan dinding utama lalu kamu bisa memasang partisi ini. Usahakan gypsum/tripleks tidak menempel langsung ke permukaan dinding yang lembab sebab nanti akan percuma karena rembesan air dari dinding tetap bisa meresap ke gypsum atau tripleksnya. Nah setelah itu, barulah kamu bisa memasang wallpaper di depan partisi tadi.

Nah sobat, dengan cara-cara kreatif semua masalah dapat diatasi dengan baik bukan? Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu yang memiliki kondisi rumah yang lembab namun tetap ingin memasang wallpaper agar rumah idaman terlihat lebih menawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *