Sentuhan Batik Pada Interior Ruang Tamu
Dekorasi

Sentuhan Batik Pada Interior Ruang Tamu yang Indonesia Banget

Ide interior rumah dapat diperoleh dari mana saja. Mungkin anada pernah mengunjungi rumah yang bergaya klasik dan jatuh cinta dengan tampilan mewahnya. Atau kecantol gaya minimalis yang simple banget. Tapi pernahkah terpikir untuk menggunakan batik sebagai inspirasi interior rumah? Indonesia terkenal sampai manca negara dengan motif batiknya beragam. Jadi bisa disesuaikan dengan gaya yang anda inginkan, warna soft untuk gaya minimalis, nuansa kecoklatan untuk tampilan etnik atau warna cerah agar rumah tampil trendi.

Ide Dekorasi Dengan Sentuhan Kain Batik

Pakai kain batik sebagai interior ruangan seperti layaknya pakai wallpaper, karpet atau sekat ruangan dengan motif, hanya disini yang dipakai adalah batik. Sebagai bagian dari interior maka gunakan unsur batik seperti anda membuat tampilan rumah yang seimbang antara nuansa bermotif dan polos. Karena terlalu banyak penggunaan tekstur dan pola akan membuat ruangan terlalu penuh dan tidak nyaman. Dimana saja anda dapat menggunakan kreasi batik pada ruangan?

1. Taplak Meja

Banyak taplak meja batik yang dijual bebas yang menjadi bukti kain ini memang sudah lama digunakan sebagai bagian dari interior ruangan. Jadi yang anda perlu lakukan hanya mencari taplak yang sesuai dengan bentuk meja, entah untuk meja makan, meja kecil disudut atau meja di ruang tamu.

2. Partisi Ruangan

Memiliki ruangan luas dan ingin membuat batasan antara ruangan? Coba gunakan kain batik dengan nuansa gelap dan bercorak cantik. Selain anda memiliki ruangan dengan dekorasi yang menawan, pembatas ruangan dari kain batik juga mudah untuk dipasang dan dicuci agar terbebas dari partisi yang berdebu dan kurang sehat.

3. Tirai

Kain batik dengan warna terang dan tidak memiliki motif yang besar bisa juga dikreasikan sebagai tirai. Anda bisa membuat sendiri tirai dengan kain batik yang disesuaikan dengan ukuran jendela. Penghuni rumah dapat dengan leluasa mengatur cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan dengan kain batik yang menawan.

4. Pelapis Furniture

Pengunaan batik sebagai pelapis adalah bukan suatu hal yang baru. Banyak produk interior rumah seperti sarung bantal, cover kursi atau sofa yang menggunakan bahan batik. Bahkan produknya dijual dengan berseri sehingga anda dapat membeli taplak, sarung bantal dan cover kursi dengan warna dan corak yang semotif. Anda bisa memesan khusus bahan batik dan sofa atau kursi yang dilapisi, dengan membuat lapisannya bisa dibongkar pasang,maka anda dapat mencucinya sehingga perabotan juga akan awet dan tahan lama.

Baca juga: Harga – Harga Marmer Lengkap dari Berbagai Merk Terbaru 2019

5. Hiasan Dinding

Membentangkan kain batik dengan pigura adalah cara lain menghias rumah anda dengan batik. Gaya dekorasi ini akan terlihat sangat mencolok terutama dengan menggunakan motif besar yang menarik perhatian. Penempatannya di tengah ruangan juga berfungsi sebagai titik pusat perhatian yang dapat dikaguim oleh tamu yang datang dan juga penghuni rumahnya sendiri.

6. Wallpaper Batik

Wallpaper Dinding Batik

Walaupun tidak banyak wallpaper yang mengunakan motif batik namun anda dapat membuatnya sendiri. Dengan memesan wallpaper menggunakan motif pilihan anda, maka interior bernuansa batik bisa dibuat lebih serasi dan sesuai dengan dekorasi batik lainnya yang ada dalam ruangan.

Benarkan, ada banyak kreasi batik yang bisa di gunakan pada ruangan. Baik itu ruang tamu, kamar tidur atau dapur sekalipun. Bahkan untuk membuat dekorasi interior yang menyatu anda dapat menggunakan motif batik yang sama dan ditempatkan diberbagai ruangan yang ada dirumah. Jadi ada kontinuitas yang terkait dari saru ruangan keruangan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *