Siasati Penempatan AC Outdoor yang Paling Pas dan Aman
Kelistrikan

Siasati Penempatan AC Outdoor yang Paling Pas dan Aman!

Pernahkah anda perhatikan apa saja yang butuhkan untuk pasang AC di rumah? Karena ketika seseorang membeli Air Conditioner (AC), mereka langsung ada gambaran dimana AC akan diletakan dalam ruangan yang ingin dibuat lebih sejuk. Namun kadang lupa bahwa untuk jenis AC tertentu ada bagian AC yang perlu diletakan outdoor. Tapi posisinya juga tidak bisa terlalu dari AC indoor. Hal tersebut akhirnya berkaitan dengan instalasi listrik yang tidak terfikirkan sebelumnya.

Tips Penempatan AC Outdoor yang Aman

Penempatan AC harus tepat agar kinerjanya optimal dan dapat berfungsi dengan baik untuk jangka waktu yang panjang. Hal tersebut juga termasuk dengan instalasi listrik agar semua komponen berfungsi dengan baik. Namun, tempatnya juga harus mudah dicapai karena ada kegiatan maintainance dimana AC harus dibersihkan setidaknya dua bulan sekali. Agar ruangan selalu sejuk dan nyaman perhatikan beberapa hal berikut dan ikuti tips menentukan penempatan AC outdoor dibawah ini.

1. Posisi yang Paling Nyaman

Pemasangan unit AC outdoor memiliki tantangan dalam mencari ruangan untuk dirinya. Jadi harus buat nyaman untuk orang yang memasangnya. Terlalu tinggi akan membuat posisi yang kurang nyaman, sementara posisi terlalu bawah dan menyentuh tanah juga tidak sebaiknya dilakukan.

2. Mudah di Jangkau

Untuk keamanan orang kadang menaruh AC diluar dengan posisi yang mudah dijangkau. Artinya tidak buat pegal kala pemasangan juga tidak dikeluhkan hala karus buang cairan. Posisinya tidak terlalu tinggi jadi kalau dipasang tidak harus jinjit atau bahkan meloncat. Posisinya juga jangan terlalu bawah dan sulit dihubungi. Pikirkan bagaimana tukang yang pasang.

3. Pipa penyambung Pastikan Rapat

Sebagai pendorong penyambung antara AC indoor dan Out door adalah pipa berukuran besar. Tambahan ini akam menghubungkan AC indoor yang menyejukan ruangan dan AC outdoor sebagai tempat keluarnya hawa panas dari dalam. Pipa tersebut juga jadi tambahan yang memudahkan fungsi kerja smartphone. Antara kedua unit tersebut pipa hendaknya tidak mengalami 3 lebih dari 3 tekukan, Fungsinya akan tergangu bila posisi pipa terlalu banyak hambatan. Pipa disarankan tidak terlalu panjang dan buat fungsinya tidak optimal. Dijaga agar pipa tidak lebih dari ukuran 200 cm. Panjang pipa umumnya berukuran minimal 5 meter dan 0,5 mm ketebalan pipa.

4. Fitur Tambahan

Karena posisinya diluar, kadang orang terbesit pikiran takut bila ACnya diambil orang. Jadi, sebagai tambahan perlindungan maka dapat dibuat rangka keliling AC ooutrdoor. Lalu pastikan juga ada lubang untuk digunakan untuk mengunci atau menambahkan gembok. Kalau cukup yakin posisi diluar ruangan nyaman, dapat juga menambahkan papan diatas AC outdoor agar tidak langsung terpapar sinar matahari. Agar tidak menyentuh AC juga diperlukan tambahan kayu sebagai alas dari AC outdoor bila diperlukan.

5. Tidak Banyak Halangan

Jangan paksakan posisi AC outdoor hanya karena dekat saja. Karena pada prakteknya posisi antara satu AC dan AC lainnya berbeda. Bila ada halangan maka bentuknya membentuk lekukan yang bila terlalu banyak maka akan pengaruhi kinerja AC agar optimal, sejuk didalam dan arahkan udara panas keluar dari AC outdoor. Sebisa mungkin jangan terlalu banyak halangan dan pengaruhi udara yang keluar.

Setelah mengetahui bagaimana menentukan posisi AC outdoor yang pas dan aman untuk rumah Anda, semoga dapat segera diaplikasikan. Kinerja AC perlu berfungsi secara optimal pada tempat yang nyaman pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *